Tidur Siang Bikin Pintar

10:03 PM

Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa seseorang yang tidur siang mampu menyegarkan kembali kemampuan otak untuk belajar. Tubuh Anda juga akan lebih bugar sesudahnya.

Peneliti yang juga asisten profesor psikologi di University of California, Berkeley, Amerika Serikat, Matthew Walker PhD mengatakan, dari hasil studi ini menunjukkan partisipan yang melakukan tidur siang memiliki performa otak yang lebih baik di sore harinya.

Para peneliti mendapati bahwa tidur siang selama sejam saja sudah cukup untuk meningkatkan kemampuan otak untuk mempelajari fakta-fakta baru dalam jam-jam berikutnya. Di sisi lain, semakin lama kita bertahan untuk melek, semakin lamban pikiran kita.
Dalam penelitian ini, Walker dan koleganya mengajak 39 partisipan yang berusia muda, rata-rata 21 tahun. Mereka diberi ujian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penyerapan memori dalam hippocampus–bagian otak manusia tempat menyimpan memori informasi– mereka. Tes dilakukan dengan cara mencocokkan foto seseorang dan namanya. Kegiatan ini dilakukan pada sore hari, usai jam tidur siang.

Para peneliti membagi partisipan menjadi dua grup yaitu kelompok yang tidur siang dan yang tidak. Pada jam dua siang, grup pertama diberi kesempatan untuk tidur siang selama 90 menit. Sementara sisanya dibiarkan terjaga.

Lalu, pada pukul enam sore, tes mulai dijalankan. Hasilnya, orang yang masuk dalam kelompok tidak tidur siang mengalami penurunan sekitar 10 persen pada kemampuan belajar mereka di siang hari. Sementara kelompok yang tidur di siang hari, malah meningkat hingga 10 persen.

Riset juga menemukan bahwa waktu total tidur di siang hari baik selama 90 menit atau lebih tidak terlalu memengaruhi kinerja otak manusia. Namun yang menarik, fase tidur non-bermimpi ternyata mampu meningkatkan memori menjadi lebih baik.

0 comments