INOUT Money:App Bijaksana Mengatur Keuangan

09.25

Awalnya bingung didepan komputer mau ngapain, mau main jejaring sosial males (gak da temen ngobrolnya), main game males, blogwalkingpun lagi gak semangat, pokok nya semuanya males dach. Iseng-iseng buka program office, gue buka microsoft excel, karena gak lama lagi gue gajian, terlintas dipikiran gue untuk membuat INOUT MONEY.

Apa itu Inout Money?
Inout money adalah aplikasi bijaksana mengatur keuangan sendiri yang dibuat diprogram microsoft excel. Aplikasi ini dibuat karena terinspirasi dari tulisan M. Maulia Mansuri dengan judul tulisannya Rumus 1234 mengelola keuangan mandiri.

Kesimpulan dari tulisan M. Maulia Mansuri
Pasti pada penasaran bagaimana rumus 1234 itu.
Langsung saja dibahas.

Yang pertama, angka 1
Angka 1 mewakili bagian 10% dari total pendapatan kita.
Maksudnya, 10% dari pendapatan kita itu disisihkan untuk hari tua nanti, dengan cara menabung. Biarpun sedikit hanya 10% akan tetapi, jikalau 10% ini selalu disisihkan, pasti kalian tidak akan menyesal di masa tua nanti jika.

Yang kedua, angka 2
Angka 2 mewakili bagian 20% dari total pendapatan kita. 
Maksudnya, 20% dari pendapatan kita itu dialokasikan untuk dana cadangan, Dana cadangan ini berfungsi untuk berjaga-jaga seandainya terjadi sesuatu yang tidak terduga. Misal, mobil tabrakan atau sakit. Kita dapat menggunakan dana cadangan ini sehingga kita tidak usah kebingungan untuk mencari utangan ke sana-sini.

Yang ketiga, angka 3
Angka 3 mewakili bagian 30% dari total pendapatan kita.
Kemudahan berbelanja secara kredit (sebagian karena kartu kredit) telah banyak menjerumuskan banyak orang, terutama kalangan menengah ke atas untuk berperilaku konsumtif. Boleh-boleh saja selama cicilannya tidak melebihi batas 30% dari total pendapatan kita selama 1 bulan (tentunya dengan mempertimbangkan kebutuhan rutin bulanan kita lainnya). Ingat!, apabila cicilan yang kita keluarkan per bulannya melebihi dari anggaran 30% dari total pendapatan kita, maka waspadalah karena kondisi keuangan anda sudah tidak sehat.

Yang ketiga, angka 4
Angka 4 mewakili bagian 40% dari total pendapatan kita.
Maksudnya, digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan kita yang seharusnya kita tutup seperti bayar listrik, bayar telepon, bayar uang sekolah anak, jatah belanja istri, isi bensin dll.

Lalu bagaimana apabila 40% bagian tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan kita?

Segera cari pendapatan sampingan untuk menutup kebutuhan-kebutuhan tersebut, dan jangan sekali-kali mencoba mengurangi anggaran angka 1&2 !!

Yang ingin mendapatkan format microsoft excelnya, langsung saja sedot link dibawah ini.
Download Inout Money


Salam Blogger
@adulmabhal

3 komentar

  1. ok, sipp .. tar d coba lah gan .. mudah2an cocok ..
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bisa jngan ntar, nnti lupa loch,.,
      so, sekarang aza,., hee

      Hapus
  2. boleh ne tipsnya di jalankan untuk mengontrol keuangan kita

    BalasHapus