Suka Duka OP Warnet

21.09

Sudah lama gue bekerja sebagai operator warnet, sampai sekarang pun (2012) gue masih bekerja sebagai operator wanet, lumayanlah bisa menambah uang jajan kuliah dan mengisi waktu kosong. Tugas sebagai operator warnet itu sangatlah mudah bagi orang yang sudah kenal dengan teknologi, apapun pekerjaannya pekerja itu harus mempunyai keahlian, menjadi operator warnet itupun juga harus mempunyai keahlian, diantaranya sebagai berikut :

1. Bisa Menghitung (uang)
    Tugas dari operator warnet itu juga sama dengan para pedagang sayuran di pasar, yaitu selalu menerima atau mengembalikan uang, jadi jikalau tidak bisa menghitung, pengusaha warnet itu tidak jauh dari kata bangkrut, dan kalau pengusaha warnet itu bangkrut, gaji anda juga akan dipotong.

2. Bisa Memainkan Hardware (min mouse dan keyboard)
   Kedua hardware ini adalah hardware yang harus bisa dimainkan oleh operator, dimainkan itu bukan berarti dipukul2, dilempar2 ataupun diputar2, akan tetapi dimainkan untuk mengoperasikan komputer. Karena jikalau tidak bisa memainkan mouse dan keyboard pasti akan sulit nantinya mengoperasikan program billing.

3. Bisa Daftar (website)
   Operator warnet juga kerjanya bukan hanya memberi, mengembilkan uang dan mengklik objek pada aplikasi, akan tetapi juga bisa mendaftar akun di berbagai website, contohnya email, facebook ataupun game online. Itu semua karena tidak semua user warnet bisa melakukannya, biasanya kalau usernya tidak bisa melakukannya dia meminta tolong kepada opertor.

Nah, minimal 3 keahlian itulah yang harus dipunyai oleh operator warnet, jadi untuk yang menjadi operator warnet setidaknya harus memiliki 3 keahlian diatas.

gue menjadi operator warnet itu sejak satu tahun yang lalu, tepatnya pada bulan mei tahun 2011, memang bisa dikatakan belum lama juga gue bekerja sebagai operator warnet, akan tetapi sudah banyak juga suka dan duka yang pernah gue alami sebagai operator warnet.

Perasaan suka menjadi operator warnet, diantaranya sebagai berikut :

1. Online Gratis
   Iya benar, salah satu enaknya jadi operator warnet itu adalah online gratis, itupun tergantung dari pengelola warnetnya, memperbolehkan operatornya internetan atau tidak, karena gue juga pernah menjadi operator di salah satu warnet yang dikelola oleh orang bule dan gue tidak mendapatkan jatah internetan gratis.

2. Menambah Teman
    Sama saja dengan pekerjaan-pekerjaan lain, dimana kita mendapatkan pengalaman baru disitupun kita mendapat teman baru, jadi karena banyak dan sering bertambahnya user diwarnet itu membuat operator banyak diketahui, setidaknya kenal muka saja, pernah sesekali gue libur jadi operator warnet pernah ketemu orang yang belum adul ketahui sipa dia, dan dia menyapa dan bertanya "Kamu yang jadi operator diwarnet itu kan?".

3. Dapat Ilmu Baru
   Yakin, apapun pekerjaannya disitu pasti ada ilmu yang tak kita duga datangnya, ilmu itu bukanlah ilmu akademis yang sering kita dapatkan disekolah, melainkan seperti ilmu kedisiplinan, kejujuran dan sebagainya.

Mungkin lebih banyak lagi rasa suka menjadi operator warnet yang belum tertulis selain dari 3 diatas, adapun duka jadi operator warnet itu diantaranya  :

1. Gajinya Masih di Bawah UMR.
   Hahaii, memang soal gaji itu pasti tidak akan pernah puas mendapatkannya, biarpun gaji kita besar pastilah kita ingin mendapatkan gaji yang lebih besar lagi, jafi terima sajalah gaji yang kalian dapatkan dari pekerjaan kalian, dan jangan lupa disyukuri. 

2. Suka Nombokin
   Nombokin ini juga dikarenakan keteledoran kita dalam melayani user, entah itu ada yang belum bayr terus kabur, terus kadang-kadang kalo ngasih kembalian itu malah lebih, karena keteledoran itulah kita juga harus bertanggung jawab dengan cara nombokin.

Pokoknya lebih sedikitlah dukanya daripada sukanya menjadi operator warnet.

gue sudah 3 warnet yang pernah di operatorin,

1. Asa Warnet
   Pemilik Asa warnet ini adalah guru gue waktu di MAN 2 Serang, sebelumnya gue pernah denger-denger kalau pak guru itu mau bukan usaha, langsunglah gue menuju pak guru itu, dan meminta untuk dirinya bisa bekerja sama dengannya.

Tidak lama kemudian tepatnya bulan mei 2011 gue menerima tawaran menjadi operator warnet diwarnet tersebut, tidak lama bekerja diwarnet ini adul berenti sekitar 8 bulan kedepan tepatnya bulan februari. Banyak sekali pengalaman yang gue ambil di tempat ini, karena tempat inilah pertama kalinya gue bekerja sebagai operator warnet.

2. F-1 Net
   Ini dia warnet kepunyaan si bule orang jerman, namanya sascha, gue direkrut secara paksa oleh si bule itu karena dia lagi kekurangan pegawai dikarenakan pegawainya pada berenti massal, waktu itu gue masih bekerja di Asa Warnet, jadi pagi jam 08.00-15.00 gue jadi operator di Asa warnet dan melanjutkan lagi jadi operator F-1 net dari jam 14.00-24.00, jarak dari Asa warnet menuju F-1 net itu tidak jauh sekitar 500 meter.

Tidak lama gue bertahan diwarnet ini dikarenakan beberapa hal :
1. Kecapaian 
   Karena gue bekerja lebih dari 12 jam tanpa istirahat.

2. Kesehatan
   Dikarenakan pada ruangan itu ber-AC dan bebas smoking, sedangkan gue bukan perokok, gangguan pernapasan pernah gue rasakan pada saat itu.

3. Kebablasan
   Pada saat gue bekerja F-1 net tepat pada bulan suci ramadhan, pulang kerja dari F-1 net, sekitar jam 00.30 gue langsung tidur, mungkin karena kecapaian gue kebablasan sahur, sampai-sampai gue tidak melaksanakan sahur pada itu.

Karena ke 3 alasan diatas gue mengundurkan diri sekitar 8 hari bekerja di F-1 Net, Banyak juga pelajaran yang gue dapatkan di warnet ini terutama kebersihan dan kedisiplinan.

3. Sehati Warnet
   Setelah lama menganggur, sekitar 4 bulan akhirnya gue mendapatkan kerjaan lagi sebagai operator di warnet sehati ini, warnet ini juga adalah warnet yang sering kali gue kunjungi, karena di warnet inilah gue pertama kalinya mengenal yang namanya internet.

   Sudah seminggu lalu dari tanggal penulisan ini gue bekerja di warnet sehati ini, semoga gue bisa bertahan lama bekerja disini sebelum mendapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi dari sekarang. Pada saat ini gue juga pilih-pilih soal pekerjaan, karena gue belum bisa fokus sekali dengan pekerjaan dikarenakan sekarang ini gue juga masih kuliah, pekerjaan yang gue geluti saat ini juga dikarenakan ingin menambah uang jajan sendiri dan pastinya mempergunakan waktu kosong dengan baik.

mungkin sekiani dulu kisah gue selama bekerja sebagai operator diberbagai warnet.

CINTAILAH PEKERJAAN ANDA, MAKA PEKERJAAN AKAN MENCINTAI ANDA.


Salam Blogger
@adulmabhal

11 komentar

  1. ada batas umurnya ga ya jadi OP warnet..? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk,.,.,.
      spengalaman gw sich kya y gk ada, yang pnting pnya keahlian yang sudah di tulis di atas, n itupun trgantung bos y jga kya y,., hee

      Hapus
  2. harusnya ada lagi persyaratan nya.. :

    badan kekar.. supaya custumer gak macem2.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk,.,.,.,
      yng ada nnti gk da costumer,.
      udah ktkutan dluan,., hee

      Hapus
  3. dititup dengan quote yang menarik..
    semangat bekerja..


    Kunjungan blogwalking.
    Sukses selalu..
    kembali tak lupa mengundang juga rekan blogger
    Kumpul di Lounge Event Blogger "Tempat Makan Favorit"

    Salam Bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK, terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  4. Kayaknya seru juga ya, banyak suka-dukanya ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang begitu,.,
      Setiap pekerjaan pasti ada suka dukanya..

      Hapus
  5. asik banget bang bisa oL gratis ... hehe
    gak perlu isi modem tiap bulan kayak gue T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dunk,.,
      mangkanya kalau mau internetan gratis n menghasilkan sedikit uang, nglamar za jadi OP warnet,., hee

      Hapus
  6. satu lgi keuntungan'y, bisa sekalian cari jodoh .. :D

    BalasHapus